-->

Kedudukan K-13 PAUD dengan Kurikulum Pendidikan di Tingkat Atasnya

Kedudukan K-13 PAUD dengan Kurikulum Pendidikan di Tingkat Atasnya || Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kebijakan pengembangan kurikulum pendidikan nasional, dan memiliki kesinambungan dengan kurikulum 2013 pada jenjang pendidikan di atasnya. Kurikulum 2013 menetapkan struktur kurikulum yang sama untuk semua jenjang pendidikan tanpa menghilangkan kekhasan program masing-masing. Kebijakan tersebut didasarkan pada pemahaman bahwa pembentukan sumber daya manusia yang andal harus dimulai sejak usia dini secara berkelanjutan hingga jenjang pendidikan tertinggi dalam satu sistem pendidikan. Secara jelas dapat dilihat pada gambar berikut ini.


Dari gambar di atas kita dapat melihat bahwa Kurikulum 2013 dilaksanakan pada seluruh jenjang pendidikan, dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA hingga SMK, termasuk untuk Pendidikan Nonformal. Struktur kurikulum di semua jenjang berisi kompetensi inti dan kompetensi dasar.Kompetensi inti dan kompetensi dasar mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum nasional yang bersifat terbuka artinya memberi peluang kepada daerah dan satuan pendidikan untuk memperkaya kurikulum sesuai dengan karakteristik daerah atau satuannya. Provinsi berkewenangan mengembangkan muatan lokal untuk kurikulum pendidikan menengah. Kabupaten/kota berkewenangan mengembangkan muatan lokal untuk kurikulum SD dan SMP, sedangkan satuan pendidikan termasuk satuan PAUD mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Kekhasan kurikulum di tiap jenjang terdapat pada konten. Konten kurikulum PAUD dikenalkan untuk membangun pengalaman belajar, tidak menitikberatkan pada pencapaian kemampuan akademik yang harus dikuasi anak. Keberhasilan kurikulum PAUD itandai dengan pencapaian kematangan tahap perkembangan sesuai dengan kelompok usia anak tanpa label pintar - tidak pintar, atau lulus - tidak lulus.

Demikian sajian informasi mengenai Kedudukan K-13 PAUD dengan Kurikulum Pendidikan di Tingkat Atasnya yang dapat disampaikan pada kesempatan ini. Semoga Bermanfaat !!!

Labels: PAUD

Thanks for reading Kedudukan K-13 PAUD dengan Kurikulum Pendidikan di Tingkat Atasnya. Please share...!

0 Komentar untuk "Kedudukan K-13 PAUD dengan Kurikulum Pendidikan di Tingkat Atasnya"

Your comment for me, please!

Back To Top
close