-->

Memahami Metode Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran

Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving) dalam Pembelajaran || Metode Pemecahan Masalah atau (Problem Solving Method) adalah metode yang menstimulus siswa untuk berfikir dan menggunakan wawasannya tanpa melihat kualitas pendapat yang disampaikan oleh siswa. Metode ini dapat dipergunakan pada setiap tingkat pengetahuan dari yang sederhana sampai pada tingkat yang paling kompleks.

Metode pemecahan masalah bukan hanya sekedar metode mengajar tetapi juga merupakan metode berpikir, sebab dalam pemecahan masalah dapat menggunakan metode-metode lainnya dimulai dengan mencari data sampai kepada menarik kesimpulan.

Guru disarankan tidak berorientasi pada metode tersebut, akan tetapi guru hanya melihat jalan pikiran yang disampaikan oleh siswa, pendapat siswa, serta memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat mereka, dan sekali-kali guru tidak boleh tidak menghargai pendapat siswa, sekalipun pendapat siswa tersebut salah menurut guru. 

Langkah-langkah dalam metode pemecahan masalah adalah sebagai berikut:
  1. Ada masalah yang jelas untuk dipecahkan.  Masalah ini harus tumbuh dari siswa sesuai dengan taraf kemampuannya.
  2. Mencari data atau keterangan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut.  Misalnya, dengan jalan membaca buku-buku, meneliti, bertanyadan lain-lain.
  3. Menetapkan jawaban sementara dari masalah tersebut.  Dugaan jawaban ini tentu saja didasarkan kepada data yang telah diperoleh, pada langkah kedua di atas.
  4. Menguji kebenaran jawaban sementara tersebut.  Dalam langkah ini siswa harus berusaha memecahkan masalah sehingga betul-betul yakin bahwa jawaban tersebut itu betul-betul cocok.  Apakah sesuai dengan jawaban sementara atau sama sekali tidak sesuai.  Untuk menguji kebenaran jawaban ini tentu saja diperlukan metode-metode lainnya seperti demonstrasi, tugas, diskusi, dan lain-lain.
  5. Menarik kesimpulan.  Artinya siswa harus sampai kepada kesimpulan terakhir tentang jawaban dari masalah tadi.
Silahkan Baca Juga; Metode Pembelajaran Lainnya - [klik di sini]

Demikian sajian informasi mengenai Metode Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Pendidikan

Thanks for reading Memahami Metode Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran. Please share...!

0 Komentar untuk "Memahami Metode Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran"

Your comment for me, please!

Back To Top
close