-->

Inilah Pengertian dan Fungsi Android Yang Sebenarnya

Istilah Android sering kita dengar, lihat dan baca. Android sendiri sering dikaitkan dengan Telefon Seluler, Smartphon dan Tablet. Berikut disajikan secara singkat mengenai Pengertian dan Fungsi Android.

Android adalah sebuah sistem operasi khusus yang dirancang untuk perangkat mobile layar sentuh atau disebut dengan smartphone. Sistem operasi ini merupakan pengembangan dari sistem operasi Linux yang sudah terbukti ketangguhan dan kehandalannya. Sistem operasi Android mulai dikembangkan pada tahun 2003 oleh 4 pakar teknologi bernama Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White. Pada tanggal 17 Agustus 2005 perusahaan Google berhasil mengakuisisi Android, Inc sebagai anak perusahaannya. Walaupun Android sudah diakuisisi Google, pendiri perusahaan Android masih berperan penuh terhadap pengembangan sistem operasi ini.

Android OS merupakan sebuah sistem operasi terbuka dibawah lisensi Apache yang memungkinkan sistem operasi ini dapat dikembangkan, dimodifikasi dan didistribusikan oleh pihak - pihak lain. Selain itu sistem operasi Android juga didukung oleh banyak pengembang aplikasi, sehingga dapat meningkatkan fungsi Android itu sendiri. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya aplikasi - aplikasi di Play Store yang hingga saat ini sudah mencapai 50 miliar lebih.

Untuk masalah keamanan, sistem operasi Android dirancang untuk berjalan di sandbox (sebuah area pada sistem yang terisolir) yang memungkinkan pengguna tidak memiliki akses pada sistem pada saat memasang sebuah aplikasi, kecuali ijin akses secara eksplisit diberikan. Beberapa virus atau malware kemungkinan dapat menyerang perangkat seluler yang menggunakan sistem operasi Android, hal ini biasanya disebabkan oleh pemasangan aplikasi dari sumber tidak terpercaya (selain Google Play Store). Akan tetapi apabila komputer memasang aplikasi melalui Google Play Store, kemungkinan perangkat terinfeksi virus atau malware sangat minim.

Salain digunakan untuk perangkat smartphone, Sistem operasi Android juga dikembangkan untuk perangkat elektronik lainnya seperti, televisi yang dikenal dengan Android TV, elektronik mobil yang dikenal dengan Android Auto dan jam tangan yang dikenal dengan Android Wear.

Sedangkat Fungsi Android sangatlah banyak sekali, terlebih dengan dukungan pengembang aplikasi - aplikasi berbasis Android, menjadikan fungsi Android semakin meningkat, beberapa fungsi Android adalah sebagai berikut :
  1. Menjalankan fungsi dasar dari Smartphone seperti Telephone, SMS dan Internet.
  2. Dapat digunakan untuk mengelola data atau file.
  3. Dapat digunakan untuk Game dan Multimedia.
  4. Dapat digunakan untuk membuat aplikasi.
  5. Dapat digunakan untuk remote kontrol baik kesesama perangkat Android atau ke perangkat lain seperti Laptop dan TV.
  6. Dapat digunakan untuk melacak nomor seluler seseorang.
  7. Dapat digunakan untuk CCTV
  8. Dapat digunakan untuk pengusir serangga dan tikus.
  9. Dan lain-lain.
Demikian sajian informasi mengenai Pengertian dan FungsiAndroid yang dapat disajikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Ponsel

Thanks for reading Inilah Pengertian dan Fungsi Android Yang Sebenarnya. Please share...!

0 Komentar untuk "Inilah Pengertian dan Fungsi Android Yang Sebenarnya"

Your comment for me, please!

Back To Top
close