-->

Memahami Tujuh Pilar Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)

Memahami Tujuh Pilar Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) || Tegak berdirinya sebuah sekolah ditentukan oleh sistempengelolaan yang disebut Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Sebuah konsep MBS hanya akan tegak berdiri jika ditopang oleh 7 Pilar MBS. Ke 7 Pilar MBS tersebut yaitu Kurikulum dan Pembelajaran, Peserta Didik, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Sarana dan Prasarana, Pembiayaan, Hubungan Sekolah dan Masyarakat, serta Budaya dan Lingkungan Sekolah. Berikut disajikan uraian dari 7 Pilar MBS:
  1. Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran berbasis sekolah adalah pengaturan kurikulum dan pembelajaran yang meliputi kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum dan pembelajaran di sekolah, dengan berpedoman pada prinsip-prinsip implementasi manajemen berbasis sekolah.
  2. Manajemen Peserta Didik berbasis sekolah adalah pengaturan peserta didik yang meliputi kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, dan mengevaluasi program kegiatan peserta didik di sekolah, dengan berpedoman pada prinsip-prinsip implementasi manajemen berbasis sekolah.
  3. Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan berbasis sekolah adalah pengaturan pendidik dan tenaga kependidikan yang meliputi kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, dan mengevaluasi program kegiatan yang terkait dengan pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah, dengan berpedoman pada prinsip-prinsip implementasi manajemen berbasis sekolah.
  4. Manajemen Sarana dan Prasarana berbasis sekolah adalah pengaturan sarana dan prasarana yang meliputi kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, dan mengevaluasi program kegiatan sarana dan prasarana di sekolah, dengan berpedoman pada prinsip-prinsip implementasi manajemen berbasis sekolah.
  5. Manajemen Pembiayaan berbasis sekolah adalah pengaturan pembiayaan yang meliputi kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, dan mengevaluasi program kegiatan pembiayaan di sekolah, dengan berpedoman pada prinsip-prinsip implementasi manajemen berbasis sekolah.
  6. Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat berbasis sekolah adalah pengaturan hubungan sekolah dan masyarakat yang meliputi kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, dan mengevaluasi program kegiatan hubungan sekolah dan masyarakat, dengan berpedoman pada prinsip-prinsip implementasi manajemen berbasis sekolah.
  7. Manajemen Budaya dan Lingkungan berbasis sekolah adalah pengaturan budaya dan lingkungan yang meliputi kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, dan mengevaluasi program kegiatan budaya dan lingkungan sekolah, dengan berpedoman pada prinsip-prinsip implementasi manajemen berbasis sekolah.
Silahkan Baca Juga;
Memahami-Pengertian-Manajemen-Berbasis-Sekolah-MBS - [klik di sini]
Memahami-Tujuan-Manajemen-Berbasis-Sekolah-MBS - [klik di sini]
Memahami Prinsip-Prinsip-Manajemen-Berbasis-Sekolah MBS - [klil di sini]
Memahami Proses-Manajemen-Berbasis-Sekolah-MBS - [klik di sini]
Memahami 7-Pilar-Manajemen-Berbasis-Sekolah-MBS - [klik di sini]
Memahami Komponen-Bidang-Manajemen-Berbasis-Sekolah-MBS - [klik di sini]
Memahami Strategi-Dan-Pola-Pembinaan-Manajemen-Berbasis-Sekolah-MBS - [klik di sini]
Download Buku 1 Panduan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) - [klik di sini]

Demikian sajian informasi mengenai Memahami Tujuh Pilar Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang dapat disajikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Pendidikan

Thanks for reading Memahami Tujuh Pilar Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Please share...!

0 Komentar untuk "Memahami Tujuh Pilar Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)"

Your comment for me, please!

Back To Top
close