-->

Mengenal Yogi Ahmad Erlangga; Pemecah Rumus Helmholtz yang Dikenal Tersulit di Dunia.

Namanya Yogi Ahmad Erlangga, ada beberapa pihak yang menyebutnya sebagai "Sang Teroris Matematika". Pria asal Tasikmalaya, Jawa Barat tersebut merupakan lulusan Fisika Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan Lulus Cumlaude dan Delft University of Technology (TU DELFT), Belanda pada bidang Matematika dengan lulus Summa Cumlaude. Pendidikan di S3 Delft University of Technology (TU DELFT) Belanda tersebut dibiayai Perusahaan minyak SHELL dengan total beasiswa 6 miliar. Yogi dikenal di dunia karena mampu memecahkan Rumus Helmholtz untuk Aplikasi Engineering.

Persamaan Helmholtz yang menjadi misteri selama puluhan tahun akhirnya dipecahkan oleh orang Indonesia, Yogi Ahmad Erlangga. Yogi yang juga sempat mengikuti program post-doctoral di Jerman tercatat pernah mejadi asisten profesor bidang matematika di Universitas Alfaisal, Arab Saudi.

Minat penelitiannya meliputi Aljabar dan Matriks Analisis, metode numerik untuk persamaan diferensial parsial (PDEs), aljabar linear numerik, metode iteratif untuk skala besar linear/non sistem linear, PDE-kendala optimasi, dengan aplikasi dalam dinamika fluida, dan propagasi gelombang dan seismik eksplorasi/ pencitraan. Beliau juga tertarik dalam desain pesawat dan terlibat dalam desain kendaraan udara tak berawak yang panjang dan tinggi serta berdaya tahan.

Menurut Yogi, persamaan matematika dalam bentuk diferensial mampu memecahkan rumus Helmholtz, hal itu adalah pengubahan persamaan yang menjadi persamaan linear aljabar biasa. Begitu dikerjakan dengan teliti kemudian tahap berikutnya adalah penyelesaian dengan metode direct atau iterasi. Dalam ranah engineering persamaan ini selain untuk menemukan sumber minyak, keberhasilan persamaan Helmholtz ini juga bisa diaplikasikan dalam industri lainnya yang berhubungan dengan gelombang serta digunakan untuk mendeskripsikan perilaku gelombang secara umum. Industri yang bisa mengaplikasikan rumus ini antara lain industri radar, penerbangan, kapal selam, penyimpanan data dalam blu-ray disc (keping DVD super yang bisa memuat puluhan gigabyte data), dan aplikasi pada laser.

Demikian sajian informasi mengenai Mengenal Yogi Ahmad Erlangga; Pemecah Rumus Helmholtz yang Dikenal Tersulit di Dunia yang dapat disajikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Sosok dan Motivasi

Thanks for reading Mengenal Yogi Ahmad Erlangga; Pemecah Rumus Helmholtz yang Dikenal Tersulit di Dunia.. Please share...!

0 Komentar untuk "Mengenal Yogi Ahmad Erlangga; Pemecah Rumus Helmholtz yang Dikenal Tersulit di Dunia."

Your comment for me, please!

Back To Top
close