-->

Inilah 10 Kompetensi PNS Zaman Now

Untuk dapat beradaptasi dengan perubahan zaman saat ini, yaitu zaman digital, Pegawai Negeri Sipil (PNS) dituntut untuk selalu meningkatkan kemampuan diri menyesuaikan dengan tuntutan kebutuhan.  Perubahan pola perilaku saat ini disebabkan pengaruh revolusi teknologi 4.0 (sistem teknologi digital) di mana hal tersebut sangat berpengaruh terhadap pekerjaan, pekerja dan tempat kerja atau sistem pekerjaan secara keseluruhan.

Hanya untuk bisa bertahan saja dalam kondisi seperti ini, setidaknya PNS bukan hanya harus piawai dalam hal pekerjaan teknis namun harus memiliki 10 (sepuluh) Kompetensi Soft Skill. Demikian menurut Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana seperti dirilis Tim Humas pada Wbsite http://www.bkn.go.id 10 April 2018.

10 (sepuluh) Kompetensi Soft Skill yang diharuskan untuk dikuasai PNS masa kini agar dapat menghadapi tantangan perubahan yakni;
  1. Kemampuan memecahkan masalah kompleks,
  2. Kemampuan berpikir kritis,
  3. Kemampuan melakukan kreasi,
  4. Kemampuan melakukan manejemen SDM,
  5. Kemampuan berkoordinasi,
  6. Kemampuan mengontrol dan mengoptimalkan emosi,
  7. Kemampuan melakukan penilaian dan membuat keputusan,
  8. Kemampuan dalam orientasi pelayanan,
  9. Kemampuan negosiasi,  
  10. Kemampuan fleksibilitas kognitif.
Yang dirasakan saat ini adalah terjadi gap atau kesenjangan kompetensi antara sistem pola lama dengan sistem pola baru yang berbasis data digital. Untuk menjembatani kesenjangan tersebut dibutuhkan upaya yang sangat luar biasa terutama yang dirasa agak sulit melakukan “upgrade” dalam aspek kompetensi Sumber Daya Manusia.

Demikian sajian informasi mengenai 10 (sepuluh) kompetensi Soft Skill yang harus dikuasai PNS yang dapat disajikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Info Guru

Thanks for reading Inilah 10 Kompetensi PNS Zaman Now. Please share...!

0 Komentar untuk "Inilah 10 Kompetensi PNS Zaman Now"

Your comment for me, please!

Back To Top
close