Bocoran Seleksi CPNS 2018

Seleksi CPNS baik Pusat maupun Daerah selalu ramai dipergunjingkan apalagi semenjak Pemerintah menetapkan moratorium untuk pengangkatan CPNS. Setelah seleksi CPNS melalui Jalur HK2 2013 dan Tes Umum 2014, seleksi CPNS baru terjadi lahi di tahun 2017 itupun hanya terbatas bagi instansi Pusat yang terdiri dari Kementrian, Badan, Lembaga Komisi dan sejenisnya. Kini beberapa informasi sudah beredar mengenai akan dibukanya Formasi CPNS khusus untuk Daerah yaitu Pemerintah Provinsi atau Kabupaten / Kota.

Terkait dengan formasi,  tata kelola rekrutmen PNS menganut sistem minus growth yaitu hanya akan mengisi maksimal 60 % dari jumlah PNS yang pensiun pada tahun formasi tersebut. Data menyebutkan bahwa jumlah PNS yang akan pensiun di tahun 2018 sebanyak 220 ribu orang dan di antaranya 38 ribu merupakan Pegawai Pusat, berarti Pegawai Daerah hanya berjumlah 182 ribu orang. Sehubungan dengan hal tersebut berarti formasi CPNS Daerah 2018 60 % X 182.000 atau hanya 109.200 orang.

Mengenai Pemerintah Daerah mana saja yang akan menerima CPNS, jawabannya ada pada pemerintah daerah masing-masing. Apabila dikaitkan dengan hanya mengisi 60 % jumlah pegawai yang pensiun, maka setiap Pemerintah Daerah hanya tinggal menghitung berapa jumlahnya dan berapa formasi yang akan dibuka. Jika logikanya demikian dipastikan setiap pemerintah daerah provinsi dan kabupaten / kota akan menerima CPNS.

Untuk lebih jelasnya seluruh masyarakat menunggu datangnya tahun 2018 dan terbitnya "payung hukum" penerimaan CPNS dalam bentuk Peraturan Pemerintah yang menurut kabar akan dikeluarkan di awal tahun 2018. Semoga informasi yang telah disampaikan MenpanRB dan Deputi Bidang SDM KemenpanRB benar adanya dan segera direalisasikan di tahun 2018.

Demikian sajian informasi Bocoran Seleksi CPNS 2018 ini, Semoga Bermanfaat!!!

Labels: Berita Umum, PNS PPPK

Thanks for reading Bocoran Seleksi CPNS 2018. Please share...!

Back To Top
close